Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 2

Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 2 – Target Pemasaran

Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 2  – setelah sebelumnya di part 1 kita membahas tentang Sistem Operasi di desktop, nah itu merupakan beberapa sistem operasi populer yang biasa digunakan oleh para Programmer atau Developer dalam pengembangan aplikasi atau perangkat lunak biasa di panggil software karena pada dasarnya untuk membuat atau pengembangan lebih mudah dilakukan menggunakan komputer atau laptop biasa di golongkan sebagai Desktop Device.

Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 2

Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 2

Target Pemasaran

apa yang dimaksud dengan target pemasaran di pembahasan kali ini ??

ketika kita membuat sebuah aplikasi  atau perangkat lunak yang pertama harus kita pikirkan adalah target . Maksudnya disini adalah :

Untuk siapa sih atau siapa saja yang akan menggunakan aplikasi kita ?

nah dari pertanyaan diatas banyak sekali jawaban dengan pikiran kita yang berbeda, dari artikel dibawah marilah kita belajar bersama sama untuk dapat menjadi caon Programmer atau Developer yang sukses dan berhasil di tahun 2020.

 

1. Web Application

Web Application

Web Application

siapa sih di tahun modern ini yang tidak tahu internet ?? apalagi jika tidak tau google dan facebook ??

dari anak kecil, remaja, bahkan orang tua pasti pernah mendengan istilah INTERNET dan selalu di duetkan dengan GOOGLE dan juga FACEBOOK dan kawan kawan social media lainya.

dari contoh diatas dapat diartikan bahwa Web Application adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang harus dibuka atau menggunakan aplikasi Web Browser, Seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Internet Explorer, dll.

Dari sini kalian pasti paham kan tentang target pemasaran aplikasi kita yang pertama ini, 🙂 nah aplikasi yang kita buat akan kita pasarkan di internet / yang harus di buka menggunakan sebuah Web Browser contohnya dua perusahaan tadi yaitu GOOGLE dan FACEBOOK. jadi disimpulkan target pemasaran yang pertama ini bisa di kategorikan di semua perangkat elektronik modern yang bisa  menggunakan web browser didalamnya.

dikutip dari wikipedia, aplikasi web (bahasa Inggrisweb application atau sering disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti ASPPerlJavaJava ScriptPHPPythonRuby, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.

https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi_web

2. Desktop Application

Desktop Application

Desktop Application

berbeda dengan yang pertama aplikasi desktop ini hanya dikususkan untuk pengguna komputer yang biasa terkenal dipasaran dengan DESKTOP atau pun PC.

dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk target yang satu ini hanya bisa dipasarkan untuk pengguna Komputer PC, Laptop ataupun Perangkat lain yang didalamnya menggunakan Perangkat Sistem Operasi Desktop.

Beberapa Sistem Operasi Desktop dapat dilihat di daftar artikel kemarin : Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 1 – Kenali Sistem Operasi

Dan untuk contoh Desktop Application yang paling terkenal yaitu : Adobe Photoshop sebagai pengedit foto / gambar, Microsoft Office sebegai aplikasi perkantoran, dan Google Chrome sebagai aplikasi Web Browser, serta banyak lagi aplikasi yang beredaran untuk Desktop Application baik yang berbayar maupun yang gratis.

3. Mobile Application

Mobile Application

Mobile Application

Di era modern ini sedang booming atau marak di perbincangkan di pasaran di era modern ini adalah Mobile Application.

Apasih perbedaan dari kedua target di atas ??

Mobile Application sendiri di pasarkan untuk penggu smartphone  atau ponsel pintar yang sekarang sedang sangat berkembang pesar berbagai teknologi baik secara hardware ( Perangat Keras ) maupun Software ( Perangkat Lunak ) dan juga flexibilitas dari mobile device ini yang dapat di gunakan dimana saja kapan saja, karena ukuranya yang kecil dan dengan biaya yang terjangkau.

Sebab itulah sekarang banyak sekali developer yang lebih memilih untuk memasarkan hasil karya atau aplikasi buatan mereka untuk mobile device ini.

Adapun target Sistem Operasi yang sedang pesat di kembangkan atau bisa disebut merajai pasaran mobile device yaitu Android, dan iOS.

Kedua Sistem Operasi tersebut mempunyai beberapa kesamaan dan perbedaan di setip aspek masing masing, dan tentu saja dukungan untuk mengembangkan application mobile device ini sangat di support oleh masing masing vendor pembuat sistem operasi tersebut,

 

nah itu lah sedikit pembahasan mengenai target pemasaran tentang siapa yang akan menggunakan aplikasi atau produk yang akan kita buat. jangan lupakan update artikel selanjutnya dari Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020,

Terimakasih,

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan