Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 2

Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 1 – Kenali Sistem Operasi

Pengetahuan yang harus dimiliki programmer di tahun 2019 part 1 – Apakah anda ingin menjadi seorang Programmer atau Developer Handal ? Bingung mau memulai dari mana ? . Jangan khawatir, karena dari artikel kali ini akan membahas pengetahuan dasar yang harus dimiliki kamu jika ingin menjadi seorang Programmer ataupun Developer .

Pengetahuan yang harus dimiliki programmer di tahun 2019 part 1

Pengetahuan yang harus dimiliki programmer di tahun 2019 part 1

Pengetahuan Tentang Sistem Operasi

Sistem Operasi yang biasa di singkat OS merupakan sebuah perangkat lunak yang berkumpul menjadi satu paket yang berfungsi sebagai penghubung antara si pengguna dengan perangkat keras atau komputer itu sendiri. dan juga sebagai jembatan untuk menjalankan sebuah program atau yang biasa dsebut dengan Aplikasi.

Lalu kenapa harus mengenal Sistem Operasi ??

Sebagai Programer  atau Developer kamu wajib mengetahui hal dasar tersebut karena masyarakat umum di indonesia sendiri banyak yang tidak mengetahui apa itu os , dan macam macam nya.

Di Indonesia sendiri sudah menjadi familiar jika ada seseorang yang menyebutkan sistem operasi pasti akan selalu tertuju pada os windows. Apa sih itu windows ? Kenapa Harus Windows ?

OS Windows sangat dikenal oleh masayarakat di Indonesia karena dari segi pemakaian yang mudah dan banyak sekali aplikasi kantor atau sering disebut aplikasi office yang menjadi standar di Indonesia, contohnya sendiri Microsoft Powerpoint,  Word, dan  Excel.

Siapa sih yang tidak kenal dengan ketiga aplikasi tersebut ??

Jenis dan Macam – macam Sistem Operasi

  1. Closed Source

    Apa itu closed source ??

    Yang dimaksud adalah kode program dari sistem operasi tersebut tidak di publishkan keluar, hanya orang internal atau orang dalam yang tahu akan source kode maupun apa saja yang terdapat di dalam sistem operasi tersebut. Jadi kita sebagai orang luar mungkin hanya akan bisa menggunakan dan menjalankan program atau aplikasi di sistem operasi tersebut, serta tidak dapat mengembangkannya sendiri.

    • Microsoft Windows

      Microsotft Windows 10

      Microsotft Windows 10

      Sepeerti yang di jelaskan di atas OS besutan Microsoft ini sudah berevolusi sejak lama dan mempunyai perkembangan yang lama karena OS ini di CLose source oleh pihak microsoft itu sendiri sebagai pemilik sekalius pengembang. Dan yang paling banyak mempunyai dukungan oleh pihak vendor pengambang hardwarem karena sistem operasi ini bersifat universal bisa di pasang pada perangkat apa pun, baik rakitan, maupun build pabik.

      Jadi dapat dikesimpulkan, bahwa pemasaran developer untuk membuat aplikasi untuk ataupun menggunakan sistem operasi ini sangat banyak dan mempunyai pemasaran yang ramai.

    • Mac OS

      MacBook with Mac OS

      MacBook with Mac OS

      Untuk orang awan sistem operasi ini terdengan sangat lumayan asing, tetapi untuk orang tingkat menengah keatas mungkn tidak asing dengan OS yang satu ini,

      Mac OS atau sebelumnya disebut dengan OS X ini merupakan salah satu contoh OS Close Source yang di kembangkan oleh Apple Inc, namun jangan salah . berbeda dengan OS WIndows besutan Microsoft, OS ini hanya di kembangan oleh Apple Inc hanya untuk perangkat keras buatan mereka sendiri. Jadi sangat jarang mungkin di pasaran atau pun dilingkukan masayrakat biasa untuk dapat menemui sistem operasi ini.

      Os ini biasanya digunakan oleh para developer karna kestabilanya yang terjamin dan mendukung berbagai aplikasi yang di support oleh para developer.

  2. Open Source

    Berbeda dari closed, di open source ini kode sumber dari OS yang dikembangkan disebar luaskan di pasaran, dan biasanya os jenis ini banyak di gratiskan dan pengguna merdeka atau bebas untuk mengotak atik kode sumber tersebut.
    Dan nyatanya di jaman sekarang hampir masyarakat tidak mengetahui kehadiran dan perkembangan yang sangat pesan untuk SO jenis ini.

    • BlankOn OS GNU / Linux

      BlankOn OS Indoneisa

      BlankOn OS Indoneisa

      Salah satu OS yang sekarang berkembang dengan sangat cepat adalah opensource salah satunya yaitu turunan dari GNU / Linux.

      Sebenernya LInux sendiri merupakan kernel yang menjembatani antara hardware dan perangkat lunak, yang tentu saja bersifat bebas / merdeka. Jadi berbeda dengan windows yang menyediakan sepaket. Untuk OS GNU / Linux biasanya disebut dengan Distro Linux atau turunan Linux.

      Dan nyatanya karena perkembanganya yang begitu sangat cepat ada banyak sekali Distro Linux yang beredar dipasaran karena sifatnya yang bebas.

      Namun disayangkan untuk OS ini kurang sekali peminat di Indonesia, mungkin dikarenakan pesaing terbesarnya dari os close source di atas yang sudah masuk duluan dan penggunaanya yang mudah.

      Salah satu distro Linux yang akan dibahas disinii adalah OS GNU / Linux karya dari anak bangsa yang hingga saat ini menjadi komunitas linux terbesar di Indonesia, dan di kembangkan secara terbuka serta bersama – sama agar dapat menghasilkan Sistem Operasi yang khas dari Indonesia.

      Dan jangan salah, Sistem Operasi BlankOn ini tidak kalah dengan SO yang berada di diatas. OS BlankOn ini sudah banyak digunakan di bidang pendidikan , perkantoran dan pemerintahan.

      OS turunan GNU / Linux ini biasanya di gunakan oleh para pengembang / developer karna sifatnya yang terbuka, dan bisa dikembang dengan leluasa oleh para pengguna os tersebut

Nah itu untuk pembahansan kali ini, selamat melilih sistem operasi yang terbaik dan mudah digunakan untuk kalian. Jangan lupa klik share dibawah dan nantikan artikel selanjutnya agar dapat menjadi Programmer dan Developer handal di tahun 2020.

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Beberapa Sistem Operasi Desktop dapat dilihat di daftar artikel kemarin : Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Programmer di Tahun 2020 Part 1 – Kenali Sistem Operasi […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan