Cara Membuat Website Dengan WordPress

Cara Membuat Website Dengan WordPress

Cara Membuat Website Dengan WordPress – Apakah Anda ingin membuat situs web? Memulai sebuah website bisa menjadi sesuatu yang mengerikan khususnya saat Anda tidak terlalu mengerti hal-hal teknis. Jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan membahas bagaimana cara membuat website menggunakan WordPress.

Cara Membuat Website Dengan WordPress

WordPress adalah pilihan yang ideal untuk Anda yang baru pertama kali membuat website. CMS ini memiliki skalabilitas yang cukup dan bekerja baik untuk website dengan traffic rendah atau medium. Beberapa website yang menggunakan WordPress adalah TIME Magazine, CNN, TED, Techcrunch, NBC, dan masih banyak lagi.

Kelebihan WordPress

  • Mudah diinstal. Kebanyakan provider hosting memiliki pilihan untuk menginstal WordPress hanya dalam satu klik saja karena popularitasnya.
  • Komunitas yang kuat dan open source. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan WordPress.
  • Ideal untuk individu yang tidak jago IT. Kebanyakan produk yang diasosiasikan dengan WordPress, seperti themes dan plugin cukup mudah dan to-the-point untuk digunakan.

Extension domain yang popular adalah .com, .org, dan, .net. Tetapi beberapa tahun belakangan ini, sudah ada juga nama domain yang memiliki extension unik seperti .ninja atau .pizza.

Memilih Hosting dan Domain

Sebelum Anda memilih nama domain, ada baiknya Anda memastikan niche apa yang ingin Anda targetkan. Memilih fokus dari website Anda dapat membantu Anda dalam memastikan bahwa website Anda relevan dan ini juga dapat membantu jika Anda berencana untuk menghasilkan uang dari website Anda.

Anda bisa meregister berbagai nama domain, berikut adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan

  • Website bisnis. Jika Anda membuat sebuah website untuk bisnis Anda, tentu akan lebih baik jika domain Anda adalah nama perusahaan atau brand Anda.
  • Website personal. Jika ini adalah sebuah website personal – misalnya website portfolio, Anda bisa menggunakan nama Anda sendiri.
  • Website hobby. Jika Anda ingin membuat sebuah website tentang hobby Anda misalnya Anda menyukai kopi dan ingin membuat sebuah website yang berisi review-review kopi, Anda bisa mencari nama domain yang berhubungan dengan hobby Anda.

Jika ini adalah website pertama Anda, ada baiknya Anda menggunakan extension yang “normal” seperti .com, .net, dan .org. Extension domain yang unik di atas bisa dibilang belum termasuk mainstream dan jika Anda menggunakannya bisa saja membuat bingung para pengunjung.

Langkah selanjutnya adalah memilih nama domain. Nama domain adalah URL yang diketik seseorang ketika mereka ingin mengunjungi sebuah website di address bar pada browser. Memiliki nama domain yang tepat bisa dibilang cukup penting. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda menentukan nama domain Anda:

  • Pendek. Nama yang pendek mungkin akan bekerja lebih baik jika dibandingkan dengan nama yang panjang. Ini akan membuat URL Anda mudah diingat.
  • Brandable. Jangan lupa bahwa nama domain Anda juga akan menjadi nama brand Anda.
  • Memorable. Coba buat nama yang mudah diingat – bahkan oleh mereka yang baru mengunjungi website Anda satu kali.
  • Catchy. Tentu saja nama yang catchy akan membuat Anda mudah diingat.
  • Spesifik dengan niche. Jika Anda menulis sebuah website yang memiliki niche khusus, coba check apa ada kata-kata atau singkatan yang berhubungan dengan niche tersebut yang bisa Anda gunakan. Sebagai contoh, dengan WordPress ada banyak website yang memiliki huruf WP di URLnya yang mendapat ranking tinggi di search engine.

Untuk hosting sendiri, ada empat jenis hosting yang bisa Anda pilih, yaitu Shared Hosting, Virtual Private Server Hosting (VPS), Dedicated Server Hosting, dan Cloud Hosting. Untuk membaca lebih lanjut tentang hosting dan panduan lengkap agar Anda tidak salah memilih, Anda bisa membaca artikel Panduan Web Hosting Murah kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan